Rabu, 19 Juni 2013

The Movie Text Effect


Tutorial The Movie Text Effect kali ini adalah lanjutan dari Tutorial Photo Efek yang berjudul The Movie Effect Background. Sekarang kita akan membuat text “THE MOVIE” dengan kesan yang seram dan misterius. Apa saja efek yang dipakai dan Bagaimana caranya? Mari ikuti Tutorial Desain Grafis berikut ini
1. Setelah anda mengikuti tutorial sebelumnya The Movie Effect Background dan mendownload bahan latihan, maka langkah berikutnya adalah kita tinggal melanjutkan pengerjaan kita ke pembuatan judul text effect "The Movie". Karena backgroundnya model Horror maka kita juga akan menggunakan font dengan model yang memperkuat kesan horror tersebut.  Disini saya menggunakan font bernama Bleeding cowboys. Bisa anda mencarinya via Google Search Service.
Text Tool dan ketik The Movie
gambar : Gunakan Text Tool dan ketik The Movie pada lembar kerja kita 

2. Selanjutnya kita buka file texture kita dan masukan kedalam lembar kerja kita. Kemudian kita putar dengan menggunakan perintah Edit > Transform > Rotate 90 CW
transform horisontal
gambar : transform horisontal

3. Lalu kecilkan dan panjangkan ukurannya menyesuaikan dengan text: 
background the movie
gambar : menyesuaikan background the movie 

4. Selanjutanya kita klipping texture tersebut agar masuk kedalam text, caranya anda klik kanan pada layer texture (dipalette layer), kemudian pilih Create Clipping Mask atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Alt+G secara bersamaan. Maka secara otomatis texture akan masuk kedalam text.
memasukkan clipping mask
gambar : memasukkan clipping mask 

5. Nah agar warnanya juga lebih serem, kita ubah tone warnanya dengan menggunakan perintah Color Balance... 


6. Lalu lakukan pengaturan shadow, midtone dan highlight seperti berikut:

pengaturan Color Balance
gambar : pengaturan Color Balance

Hasilnya akan terlihat seperti berikut :


7. Selanjutnya kita berikan sentuhan terakhir pada text kita dengan menambahkan layer style, caranya double klik pada layer The movie:

Hingga muncul jendela layer style. Langkah pertama kita berikan efek drop shadow dengan cara mengaktifkan pilihan drop shadow.

Ket:
  1. Pilih drop shadow
  2. Ubah blend mode menjadi dissolve
  3. Double klikk pada pilihan warna
  4. Kemudian masukan nilai warna f7af00
  5. Kemudian atur nilai spread (48%) dan size (8%)
8. Berikan juga efek Inner shadow (bayangan dalam) seperti berikut:
inner shadow
gambar : inner shadow 

9. Tambahkan efek Outer Glow agar terlihat bersinar:
Outer Glow
gambar : Outer Glow 

Oke, finish….hasil project kita akan nampak seperti berikut:
The Movie Text Efek
gambar : The Movie Text Efek

Akhirnya rahasia pembuatan cover background Movie Effect Background dan The Movie Text Effectjudul sebuah film buatan saya telah selesai. Agar lebih bermanfaat, silahkan pertanyaan dan saran bisa langsung ditujukan ke email dan di facebook saya secara langsung yang bisa dilihat dibagian bawah profile penulis.

Terima kasih, sampai ketemu di Tutorial Text Effect yang lain di IlmuGrafis. Semoga bermanfaat................................

0 komentar:

Posting Komentar