Rabu, 19 Juni 2013

Resep Jukut Paku Mekalas


inforesep.com jukut paku mekalas
Resep Jukut Paku Mekalas. Pada jaman dahulu kala ada sebuah cerita, konon berkisar tahun 1328-1343 berkuasalah Raja Bali, Sri Asta Asura Ratna Bhumi Banten yang berkedudukan di Bedahulu (sekarang Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar). Raja ini sangat berkuasa dan wajahnya pantang dilihat. Siapapun yang berani melihat wajahnya akan dipanah.
Suatu hari, Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit berkunjung ke pusat pemerintahan Kerajaan Bali di Bedahulu. Maksud kedatangannya adalah untuk meminta Raja Bali mengakui Kerajaan Majapahit sebagai junjungan kerajaan Bedahulu.
Saat keduanya bertemu, Gajah Mada yang tahu tabiat Sang Raja, selalu menundukkan mukanya, menghindari tatapan mata Sang Raja. Kemudian, satu kala, Gajah Mada meminta disediakan makanan Jukut Paku Mekalas (karena masakan ini sangat terkenal enaknya pada jaman itu), dengan syarat sayurannya dibiarkan memanjang. Dan ia juga minta air putih.
Di hadapan Sang Raja, Gajah Mada menyantap Jukut Paku Mekalas, karena sayurannya tidak terpotong tentu saja Gajah Mada harus mendongakkan kepalanya agar bisa makan Jukut Paku sehingga ia bisa menatap dengan jelas wajah Sang Raja. Saat tersedak karena sayuran dibiarkan memanjang. Gajah Mada menegak air sambil mendongakkan kepalanya, sehingga ia pun punya kesempatan sekali lagi melihat wajah Sang Raja.
Sri Asta Asura Ratna Bhumi Banten tahu akal-ajalan Patih Gajah Mada. Setelah kunjungan Patih Gajah Mada, Kerajaan Bali diserbu, dan itulah saat akhir dari Kerajaan Bali Kuna. Jukut Paku Mekalas mengingatkan kita untuk mengenanng kembali sejarah di masa lampau yang berakhir tragis, tidak heran jika kita menitikkan air mata mengenang kebesaran Raja Bali Kuna itu.
Kini Anda bisa menyantap dan menikmati Jukut Paku Mekalas di rumah. Membuatnya tidak susah, dengan hati yang tulus maka Jukut Paku Mekalas yang kita buat pasti akan terasa sangat lezat dilidah keluarga tersayang. Berikut ini langkah-langkah membuat Jukut Paku Mekalas.
Resep Bahan Jukut Paku Mekalas :
  • 300 gr daun pakis
Resep Bahan Bumbu Jukut Paku Mekalas :
Cara Membuat Jukut Paku Mekalas :
  1. Rebus daun pakis. Jika sudah matang, buang bagian batang yang keras, sisanya dipotong-potong sesuai selera.
  2. Campur bumbu genap kecil dengan santan kental yang telah dimasak, tambahkan sambal mbe goreng.
  3. Pada saat akan dihidangkan, campur sayur paku dengan bumbu.
Selamat mencoba Resep Jukut Paku Mekalas
Note : dalam resep Jukut Paku Mekalas ini Inforesep menggoreng sekaligus sambal embe (bukan karena sengaja melainkan lupa. hahaha….)

0 komentar:

Posting Komentar