Selasa, 20 Januari 2015

CARA SETTING SMART BILLING

Di dunia maya, berserakan aplikasi billing yang bisa kita pakai, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis.
Kali saya akan berbagi bagaimana pengggunaan aplikasi Smartbilling yang sering dipergunakan oleh warnet-warnet yang menyediakan layanan game Point Blank.
Bagi teman-teman yang masih belum faham bagaimana cara penyetingan Smartbilling seperti :
- mengatur harga dan waktu
- mengatur alamat IP
- pengaturan sistem control panel
- seting server dan lainya

disini saya share bagaimana cara penyetingan tersebut mulai saat instal sampai selesai.
Untuk mendapatkan Smartbilling, kita perlu punya akun dulu dengan meng klik disini https://www.gwarnet.com/






Bagi yang pertamakali menggunakan Smartbilling untuk warnet , klik daftar dan isi semua data yang ada. Setelah beres, kemudian kita login dan isikan User Name dan Password yang telah dibuat sebelumnya. Untuk komputer server, kita butuh yang namanya Smartbilling Server, untuk mendownloadnya klik saja DOWNLOAD seperti gambar diatas dan pilih Smartbilling Server.
Sementara untuk penginstalan di Pc Client, kita harus jalankan dulu komputer Client, kemudian buka   https://www.gwarnet.com/  , setelah login klik Download Smart Billing untuk mendownload apli8kasi billing Smartbiling untuk pc Client.
Setelah didownload instal seperti biasa. Aplikasi Smartbilling ini berintregasi dengan internet, jadi butuh koneksi untuk menjalankanya.



Kekurangan aplikasi ini adalah lambat saat loading tampilan displaynya, tapi pihak Smartbilling telah menyertakan perbaikan, untuk pc dengan menggunakan 32 bit, kita bisa instal dengan mengklik  gambar yang diberi tanda kurung warna merah seperti diatas. lalu kemudian klik repair atau instal. Selanjutnya buka lagi Smartbillingnya, dan akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Dalam kotak yang tersedia, isikan User Name dan Pasword nya,  sama ketika kita login tadi. Setelah dirasa benar klik Log In. Dan akan tampil  gambar seperti ini :
   Dikotak yang ada, isikan angka 1234 sebagai angka default untuk masuk ke Smartbilling, dan biarkan kata "pemilik" jangan dirubah. Lalu klik Log In lagi.

Cara Setting Smartbilling.
Pada awal tampilan, kita akan dibawa keberbagai menu pengaturan, terserah mau yang mana kita atur duluan.

Sebagai saran, kita bisa mulai dengan menseting alamat Ip ( Management Pc Client-Setting PC Client-Setting Ip Pc Clientg)



Untuk pertamakali, kita rubah dulu Total Jumlah PC sesuai dengan jumlah Pc yang kita punya. Ini adalah setingan hanya untuk jumlah Pc client saja (bukan termasuk server), setelah benar klik Apply. Untuk seting Ip Client, tentu saja sesuaikan dengan alamat Ip pc client yang telah atur pada setiap masing-masing ip pc client. Aturanya, untuk membuat alamat Ip Pc Client, kita bisa klik Nomor PC 1, lalu ketikan alamat Ip dikotak bawah, jika benar klik simpan. Untuk alamat Ip Pc Client nomor selanjutnya, aturanya sama. Kita bisa centang kotak Smoking Area untuk meletakan gambar No Smoking di Pc Client yang kita inginkan. Bila selesai, klik Apply dan klik lagi setuju, maka layar akan tertutup.

Selanjutnya mengatur daftar harga untuk setiap waktu pemakaian. Umumnya, warnet menggunakan harga standar (bukan baku) yaitu Rp. 3000/jam untuk harga personal.
Caranya : Klik Managemen Harga-Setting Harga Personal. Klik Tambah maka akan ada gambar seperti dibawah ini. Bila kita menginginkan harga Personal Rp. 3000/jam, isikan saja di
- di kotak Nama Paket = PERSONAL
- di kotak Setting Waktu = 10
- di kotak Setting Harga = 500
Bila selesai klik Setuju

Maka bila selesai dalam waktu 1 jam, pengunjung dikenakan harga Rp. 3000, 2 jam Rp. 6000
Untuk pemakaian 30 menit = Rp. 1500




Selanjutnya seting harga paket. Klik Setting Harga Paket. Dan klik Tambah
Maka akan muncul gambar seperti ini
Bila kita akan menggunakan paket  dengan perhitungan 2 jam Rp. 5000
- di kotak Nama Paket =PAKET 1
- di kotak Setting Waktu =120
- di kotak Setting Harga = 5000
Begitu seterusnya untuk paket 3,4 dst, harga dan waktu bisa kita atur sesuai keinginan. Jangan lupa klik Apply untuk menmyimpan perubahan.

Pengaturan lainya adalah yang tak kalah penting adalah Pengaturan Sistem/Control Panel. Untuk aksesnya ada pada Fungsi Tambahan.

Semua kotak yang dicentang seperti gambar diatas adalah, semua fungsi (sesuai keterangan sebelah kanan), tidak bisa dibuka oleh pengunjung (Pc Client), sehingga  komputer kita akan aman dari tangan-tangan jahil.

Kita juga bisa meng "hide" atau mengunci (Lock) semua drive pada Pc Client dengan menuju ke Fungsi Tambahan - Pengaturan Drive dan Folder.


Semoga Bermanfaat !!!!

0 komentar:

Posting Komentar