Minggu, 28 April 2013

Cara Gampang Menjadikan HP Android Menjadi Kamera CCTV

Kebutuhan kamera CCTV sekarang ini, menjadi alat bantu yang sangat penting bagi keluarga kami. Tujuannya jelas untuk mengawasi anak-anak kos di rumah, disaat kami pergi meninggalkan rumah. Saia rasa wajar, jika kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, demi keamanan bersama.
Berbagai jenis dan merek kamera CCTV yang ada dipasaran, sangat bagus dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Belum lagi perangkat pendukungnya yang harganya juga fantastis bagi keluarga kecil kami. Rasanya, belum mampu untuk memenuhinya dalam waktu dekat. Padahal kebutuhan tersebut bisa dibilang sangat mendesak.
Sambil berpikir, secara tidak sengaja, saia melihat sebuah aplikasi di Google Play bernama IPCam - Happy Droids. Deskripsinya menjelaskan bahwa aplikasi tersebut dapat memberikan solusi bagi pengguna yang ingin mempunyai IP Camera (cctv).
Keuntungan aplikasi tersebut, selain gratis, instalasi di HP Android juga gampang. Kuota yang dibutuhkan sekitar 2,71 MB. Jika koneksi provider yang digunakan mumpuni, hanya dalam hitungan detik, instalasi pun selesai dalam waktu singkat.
Melalui postingan kali ini, saia mencoba berbagi pengalaman saat mulai pertama instalasi hingga menjalankan aplikasinya. Berikut dibawah ini langkah-langkah Cara Gampang Menjadikan HP Android Menjadi Kamera CCTV :
PERSIAPAN:
  • HP Android yang bisa tethering (hotspot),kebetulan saia menggunakan HP Android Samsung Galaxy S III
  • PC/ laptop yang memiliki perangkat wifi untuk menerima tethering dari HP Android.
  • Buka aplikasi Google Play di HP Android lalu cari dengan kata kunci “ipcam”. Disini saia memilih IPCam dari Happy Droids, lalu klik “instal”.
  • Klik “download” dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing pada HP Android, agar terkoneksi dengan PC/ laptop.
  • Jalankan aplikasi IPCam dan atur (setting) penggunaannya. Untuk logo i (pojok kiri bawah), berisi tentang informasi aplikasi tersebut. Logo gembok digunakan untuk penggunaan user id dan password, disini saia tidak mengisikan apa pun, malah menekan tulisan OFF.
  • Setting Quality sesuai yang anda inginkan. Saia memilih 50% dengan tujuan untuk menghemat penggunaan batrey.
  • Setting size sesuai dengan keinginan. Saia memilih ukuran 640×480 px agar jelas dilihat dan tidak boros bandwith. Lalu setting port yang digunakan dengan menekan kotak tulisan IP. Saia menggunakan ip default yaitu angka 8000 lalu klik Save.
  • Lalu nyalakan kameranya dengan klik gambar on-off (pojok kanan bawah). Secara langsung akan terbuka aplikasi kameranya, dimana sudah menjadi CCTV. Lalu buka browser pada PC/ laptop anda dengan mengisikan alamat ip pada browser tersebut. Alamat ip-nya tertera jelas pada kamera HP Android, perhatikan tulisan di pojok kiri bawah.
  • Alamat IP pada HP Android yang saia gunakan adalah http://39.213.40.166:8000/. Maka saia pun mengetikkannya pada browser bawaan (kebetulan menggunakan Chrome). Secara langsung akan terbuka berbagai pilihan untuk menggunakan (melihat) kamera, saia memilih untuk menggunakan browser (paling atas).
  • Alhamdulillah… Akhirnya berhasil menjadikan HP Android menjadi Kamera CCTV..!
Foto dibawah ini adalah hasil bukti dari penggunaan aplikasi IPCam
Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar